Telerobotic Surgergy Hingga IKN, Ini 10 Kesepakatan RI & Iran

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi membuahkan 10 kerja sama antar dua negara. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi membuahkan 10 kerja sama antara kedua negara. Selain itu ada pembicaraan mengenai situasi geopolitik dunia.

“Selamat datang di Indonesia. Suatu kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan presiden Raisi dan tadi kita membahas mengenai situasi geopolitik dunia dan penguatan kerja sama bilateral,” kata Jokowi saat memberikan Pernyataan Pers di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (23/5/2023).

Dalam pembicaraan mengenai situasi geopolitik Jokowi menyinggung kedua negara sepakat terus memberikan dukungan terhadap rakyat Palestina dan mengatasi krisis di Afghanistan.

Eks gubernur DKI Jakarta itu menyebut bakal terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan.

Sedangkan untuk kerja sama bilateral, Jokowi menyebut adanya pilot project untuk telerobotic surgery https://rtpdwslot88.org/ atau robot yang membantu proses pembedahan juga kolaborasi telemedicine di 11 puskesmas.

Selain itu, kepala negara bilang ada alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia terkait kerja sama bioteknologi dan nanoteknologi untuk sektor kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan.

Adapun pada pertemuan hari ini, Jokowi menyebut Indonesia dan Iran sudah menandatangani Preferencial Trade Agreement (PTA).

“Semoga dapat makin meningkatkan perdagangan Indonesia dan Iran. Saya dan presiden Raisi juga menjajaki pembentukan kesepakatan B2B kemudian investasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan solusi untuk investasi sektor migas,” kata Jokowi.

Terakhir Jokowi juga berharap adanya kerja sama dan riset bersama terkait teknologi sinyal perkeretaapian, termasuk alih teknologi hingga perakitan.

Untuk diketahui berikut 10 kesepakatan dan kerja sama yang sudah ditandatangani Indonesia – Iran pada pertemuan di Istana Bogor.

1. Perdagangan Preferensial
2. Kerja Sama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga Inovasi
3. Kerja Sama Pembebasan Visa Bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Paspor Dinas
4. Kerja Sama Jaminan Produk Halal
5. Bantuan Administrasi Timbal Balik di Bidang Kepabeanan
6. Regulasi Di Bidang Produk Pengobatan, Farmasi, Biologis dan Tradisional Serta Kosmetik dan Pangan Olahan
7. Kerjasama Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika, Zat Psikotropika dan Prekursornya
8. Pengembangan Sektor Energi (Minyak dan Gas)
9. Promosi Perdagangan
10. Program Pertukaran Kebudayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*