Jangan Bingung, Ini Alasan TV Digital Ga Dapat Sinyal

Menghitung Hari TV analog dimatikan DI DKI Jakarta

Program Analog Switch Off (ASO) dilakukan bertahap mulai 2 November 2022. Siaran televisi analog akan berganti dengan digital di tiap daerah.

Namun ternyata kemungkinan televisi digital atau perangkat STB tidak bisa menerima sinyal. Ini disebabkan oleh beberapa alasan, berikut rangkumannya, Selasa (1/11/2022):

1. Kualitas Antena

Televisi dan perangkat set-top-box (STB) membutuhkan antena untuk menangkap siaran digital. Jika antena telah tepat, lokasi dan ukurannya juga berpengaruh.

Pada area yang dikelilingi bangunan tinggi, antena dengan ukuran lebih kecil kemungkinan kesulitan untuk mendapatkan sinyal yang kuat.

2. Posisi Antena

Selain itu posisi antena juga berpengaruh pada kemampuan menangkap sinyal. Ini penting untuk area yang penuh dengan bangunan, yakni dengan menggerakannya sedikit maka kualitas sinyal yang diterima dapat berubah drastis.

Kemungkinan lain adalah antena saling berebut sinyal dengan antena digital lainnya. Kondisi tersebut seperti saat menggunakan smartphone di area yang padat, jadi perlu ada jarak antar antena digital.

3. Masalah Pada Kabel

Perlu juga diperhatikan sambungan kabel penghubung antar antena dan STV/TV digital. Jika komponen jack atau colokan rusak karena kotor atau penyok dan membuatnya tidak tersambung sempurna, dapat membuat sinyal tidak terdistribusi dengan maksimal.

4. Setelan STB

Perangkat STB memiliki setelan yang berbeda. Sebelum menggunakannya, baiknya membaca lebih dulu manual yang tersedia untuk memastikan pengaturan telah tepat.

Perlu diingat, Kementerian Kominfo memberikan sertifikasi STB untuk jadi acuan saat masyarakat membeli perangkat.

Cara Setel STB ke Perangkat TV

TV di rumah Anda perlu menggunakan STB jika belum memenuhi standar TV digital. Berikut ini cara mengaturnya:

  1. Pastikan daerah sudah tersedia siaran televisi digital
  2. Pastikan memiliki antena UHF, yakni antena luar ruangan dan dalam ruangan
  3. Selain itu juga memastikan TV telah dilengkapi dengan set top box DVBT2 untuk menerima siaran TV digital
  4. Setelah TV terhubung, hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV. Berikutnya pilih opsi pengaturan dan pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*