Cair Cair! Sri Mulyani Transfer THR Rp8,9 T ke Pensiunan PNS

Infografis/ Gaji ke-13 PNS Cair 1 Juni, Cek Besaran Tiap Golongan!/Aristya Rahadian

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan di bawah pimpinan Sri Mulyani Indrawati mulai mencairkan tunjangan hari raya (THR). Realisasi terbesar adalah untuk pensiunan sebesar Rp8,9 triliun.

Demikianlah disampaikan oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Tri Budhianto kepada CNBC Indonesia,Selasa (4/4/2023) berdasarkan data pukul 16.00 WIB.

“Pembayaran THR pensiunan sebesar Rp 8,969 T (91,82%) untuk 3.155.706 pensiunan,” jelasnya.

Tri merinci, pencairan melalui PT Taspen adalah sebanyak Rp.7,785 T atau 90,59% dari total. Sementara melalui PT Asabri Rp.1,184 T atau 99,54%.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pencairan pensiunan memang lebih awal dibandingkan lainnya.

Dikutip CNBC Indonesia dari Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2023, Kamis (30/3/2023), pasal 3 ayat 5 menjelaskan THR akan diberikan kepada pensiunan PNS, TNI, Polri dan pejabat negara.

Kategori pejabat negara adalah Presiden dan Wakil Presiden; Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat; Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Dewan Perwakilan Ralryat; Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah; Ketua, Wakil Ketua, Ketua Muda, dan Hakim Agung pada Mahkamah Agung serta Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim pada semua badan peradilan.

Khusus untuk prajurit TNI dan anggota Polri dijelaskan bahwa penerima tunjangan bersifat pensiun prajurit TNI dan tunjangan pokok prajurit TNl,

sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai administrasi Prajurit TNI.

Di samping itu, janda/duda atau anak dari PNS, TNI dan Polri yang meninggal dunia atau tewas juga akan mendapatkan THR. Begitu pun dengan orang tua PNS yang tidak memiliki istri/suami dan anak.

Berapa THR yang akan diterima?

THR bagi pensiunan akan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tambahan penghasilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*