Alasan Baterai HP Jangan Dicas Sampai Penuh, Dampaknya Fatal!

Alasan Baterai HP Jangan Dicas Sampai Penuh, Dampaknya Fatal!

Baterai Smartphone removable. (Dok. Pexel)

Kesehatan baterai HP menjadi faktor penting untuk keberlanjutan penggunaan perangkat tersebut.

Ada beberapa faktor yang membuat kesehatan baterai HP menurun, termasuk karena kesalahan pengisian daya. Oleh karena itu, ada hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP untuk menjaga kesehatan baterai agar tak turun drastis.

Siklus pengisian daya baterai secara teratur dan menjaga ponsel tetap dingin adalah hal utama yang perlu diingat.

Bicara soal cara cas HP yang benar agar baterai awet, salah satu sarannya yaitu pengguna tidak boleh cas HP sampai 100 persen.

Saran ini untuk https://38.180.114.193/ sebagian pengguna mungkin terdengar aneh. Namun nyatanya baterai HP berada pada tegangan lebih tinggi ketika berada pada 100 persen.

Android Authority menuliskan mengisi daya ponsel 30-80 persen bisa memperpanjang masa pakai baterai. Penyebabnya adalah voltase yang dihasilkan lebih rendah.

HP yang beroperasi pada voltase rendah baik untuk masa pakai baterai. Dengan begitu dapat meningkatkan jumlah siklus pengisian daya, jauh sebelum penurunan kapasitas.

Battery University melaporkan perhitungannya yakni setiap penurunan tegangan sel 0,1 V dapat menggandakan siklus hidup baterai.

Dalam laporan yang sama, Android Authority menekankan untuk mengakhiri pengisian daya baterai pada 80-90 persen. Ini akan lebih baik daripada mengisi penuh.

Selain itu, pengguna HP juga diminta untuk menghindari pengisian baterai penuh yakni dari nol hingga 100 persen, termasuk mengecas semalaman. Sebagai gantinya, pengecasan bisa dilakukan dengan lebih sering dan sedikit demi sedikit.

Penggunaan teknologi fast charging atau pengisian cepat juga disarankan. Smartphone juga diminta untuk selalu dalam keadaan dingin saat dicharge. Jadi jauhkan dari tempat panas saat sedang mengisi baterai.

Selain itu juga untuk menghindari smartphone menjadi panas, tidak menggunakan HP selama waktu pengisian baterai. Aktivitas yang perlu dihindari adalah seperti bermain game intensif, streaming video atau menjalankan beban kerja yang intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*